Knowledge Manager

Knowledge Manager

Aliquam erat volutpat. Proin euismod laoreet feugiat. In pharetra nulla ut ipsum sodales non tempus quam condimentum. Duis consequat sollicitudin sapien, sit amet ultricies est elementum ac. Aliquam erat volutpat. Phasellus in mollis augue.

Website URL: http://www.youjoomla.com

December Edition: An Effective Approach to Lessons Learned.

Friday, 06 December 2013 14:17

 

A system of "Lessons learning" forms part of the core Knowledge Management Framework for most, if not all organisations. However modern models of lesson learning now go a long way beyond the old model of "stick the lessons in a database, and hope someone finds them".

 

In this newsletter we look at how to Make Lessons Work, and introduce a new technology to help you - the Lessons Management Hub. 

 

Find out more Knoco Newsletter, here

 

 

 

 

KM Masterclass batch 2: Create Your KM Initiative, NOW!

Friday, 06 December 2013 00:31

KM Masterclass Public Training: Create Your KM Initiative, NOW!

Batch 2
Training 3 Hari, 5-7 Februari 2014
JS Luwansa Hotel, Jakarta
Pendaftaran:
Iqbal 085911589060 atau 021 8378 7399 atau via email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Download Brosur Lengkap disini

 

“To be honest, this is much more interesting than I expected. The materials and facilitators are great!” – Nandita Galuh G., CNOOC SES, Ltd.

 

“This is a great class. We can easily know from A to Z about KM. With several best practice, cases and some practice. Some solution have been provided also for us, which is it’s a plus-plus.” - Lucci A. R., Holcim Indonesia

 

“Terima kasih!!! Dengan ikut training ini, Alhamdulillah saya dapat banyak ilmu/pengalaman dan knowledge baru. Semoga dapat meningkatkan implementasi KM di perusahaan saya agar semakin membudaya!” - Herry Purnama Sandy, Pertamina EP

 

“Pengalaman 3 hari training KM Masterclass sangat berguna bagi saya untuk dapat memulai mengimplementasikan KM di perusahaan. Karena content materi tidak hanya memberikan pemahaman KM dan cara-cara implementasi KM dengan rinci dan terstruktur tapi juga memberikan motivasi/inspirasi untuk memulai KM dan mendapatkan buy-in dari manajemen” - Vonika R., VICO Indonesia

 

Ingin tahu bagaimana kami menjalankan training ini? Lihat ulasannya disini

 

Manfaat Training

Pada akhir training, peserta akan mampu untuk:

  • Menyusun strategi, implementasi dan pilot project Knowledge Management
  • Menggunakan KM untuk menyelesaikan isu bisnis perusahaan
  • Melakukan knowledge capture, packaging and transfer menggunakan tools KM
  • Melakukan kampanye dan sosialisasi KM di organisasi
  • Melakukan evaluasi dan review implementasi KM menggunakan KM Assessment

 

Sebagai tambahan, peserta akan mendapatkan konsultasi GRATIS sebanyak 3 kali kunjungan dari Tim Konsultan ITTC-Knoco Indonesia

 

Agenda Training

Hari ke 1

  • KM: Basic Awareness
  • KM Assessment
  • Delapan Langkah Sukses Implementasi KMTM
  • KM Framework
  • Value Proposition
  • Praktek: Bird Island

 

Hari ke 2

  • KM Blueprint
  • KM Strategy and Pilot Project
  • Knowledge Mapping
  • KM Campaigning
  • Praktek: Penentuan Critical Knowledge Area (CKA)

 

Hari ke 3

  • Community of Practice
  • Learning Before, During, After
  • Social Network Analysis
  • KM Information System
  • KM Metrics and Reward
  • Praktek: Memulai CoP

 

Fasilitator

Sapta Putra Yadi

Sapta memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun di beragam industri, seperti manufaktur,perkayuan, penambangan, dan migas. Ia juga menggeluti berbagai peran bisnis, seperti Production Planning, Production Operation, Contracting, Project Control, Human Resource Management, dan Knowledge Management. Sebagai HR Corporate Vice President, ia memulai dan terlibat secara langsung dalam mengembangkan end-to-end KM bagi MedcoEnergi, perusahaan migas swasta terbesar Indonesia. Sejak tahun 2010 ia menjalankan bisnisnya sendiri sebagai konsultan HR dan KM dan memberikan jasa pelatihan dan konsultasi HR dan KM bagi beberapa perusahaan migas dan pertambangan.

 

Iqbal Fajar

Iqbal adalah konsultan berpengalaman dengan fokus di Knowledge Management dan Network Analysis. Ia memulai memulai karirnya sebagai Konsultan Bisnis dan telah meningkatkan keahliannya dengan terlibat berbagai project selama karir profesionalnya, seperti Business Process Improvement, Organizational Network Analysis, Knowledge Management, Nurturing Community of Practice, Organization Survey, dan implementasi berbagai sistem ISO. Portofolio kliennya terdiri dari beragam industri seperti perbankan, migas, BUMN dan lainnya.

 

Investasi

Rp. 9.000.000 (exclude PPn)

 

Early Birds                  : 10 % potongan harga untuk registrasi sebelum 6 Januari 2014

ATAU

Multiple Participants : 10% potongan harga untuk grup dengan dua peserta

                                      15% potongan harga untuk grup dengan tiga peserta atau lebih

 

 

 

Kapan Kita Tidak Butuh Knowledge Management?

Wednesday, 27 November 2013 15:34

 

 

 

Ada beberapa keadaan di mana Knowledge Management tidak diperlukan dalam sebuah organisasi. Ketika keadaan ini terjadi, Anda tidak perlu bersusah payah memulai atau menjalankan aktivitas Knolwedge Management. Berikut beberapa keadaan “sempurna” tersebut. 

 

  • Monopoli – Ketika organisasi atau perusahaan dalam keadaan monopoli, maka seluruh tuntutan bisnis normal tidak berlaku bagi Anda. Tidak perlu khawatir tentang pertumbuhan, efisiensi, atau pengendalian biaya. Anda yang mengendalikan harga. Setinggi apapun harga, pembeli akan selalu membayar harga tersebut 
  • Bisnis yang Tidak Pernah Berubah – Ketika bisnis selalu berjalan dan tidak pernah berubah, maka belajar menjadi tidak perlu. Jika produk Anda tidak berubah, pelanggan tidak meminta lebih, maka proses kerja juga tidak perlu berubah. Lalu buat apa membuang waktu dan uang untuk KM? 
  • Hanya Butuh Tenaga, tanpa Pengetahuan – Ada beberapa organisasi dan perusahaan yang lebih mengandalkan tenaga (jumlah orang) dari pada pengetahuan. Beberapa pabrik hanya membutuhkan orang yang mengerjakan satu pekerjaan terus menerus. Mereka tidak membutuhkan pengetahuan dari pekerjanya. Yang dibutuhkan hanya bekerja, bekerja, dan bekerja. Bagi perusahaan yang karyawannya (mungkin) hanya bekerja menuang oli atau menempel bahan, KM adalah pemborosan. 
  • One man show business – Jika bisnis atau organisasi Anda hanya dijalankan oleh Anda sendiri dan ditentukan hasil akhirnya oleh Anda sendiri, tanpa perlu diskusi atau mengembangkan pengetahuan, maka lupakan KM. Pada keadaan ini, Anda adalah satu-satunya ahli, tanpa saingan. Anda juga merasa tidak perlu mendidik orang lain sebagai penerus kerajaan bisnis Anda. Jika ini keadaan bisnis Anda, maka KM jelas tidak diperlukan.

 

Adakah keadaan diatas yang sesuai dengan bisnis Anda?

 

Rasanya tidak. Setidaknya di era keterbukaan dan penuh persaingan seperti ini. Salah satu keadaan yang pernah saya tahu dan cocok dengan karakter di atas, adalah ketika teknologi pembuatan kaca di monopoli oleh Perancis. Itupun hanya bertahan sekitar 200 tahun untuk kemudian ditiru oleh China dan negara benua Eropa lainnya. 

 

Bisnis selalu berubah dan perubahan membutuhkan pembelajaran. Anda tidak mungkin mempertahankan monopoli absolut selamanya. Pesaing Anda akan terus belajar dan mengadopsi pengetahuan yang Anda jaga dengan ketat. Apple dan Samsung adalah contoh yang menggambarkan keadaan ini.

 

Begitupun dengan permintaan pasar. Kini, semua pelanggan Anda menginginkan spesialisasi. Mereka menolak produk standar yang mungkin tidak sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Contoh konkritnya ialah pertumbuhan secara besar-besaran industri aplikasi (apps) di smartphone. Keinginan pengguna untuk membuat gadget mereka unik dengan pilihan apps, mampu menggagalkan ambisi BlackBerry untuk kembali menjadi pemimpin pasar smartphone. Salah satu penyebab gagalnya BlackBerry seri terbaru di pasaran ialah karena BlackBerry World yang tidak banyak didukung oleh apps developer. Pengguna setia BlackBerry pun perlahan hijrah ke Android dan iOS. 

 

Kasus yang sama berlaku untuk industri yang hanya butuh tenaga tanpa pengetahuan. Sesederhana apapun operasional bisnis atau organisasi Anda, pasti setidaknya membutuhkan pengetahuan dasar. Menuang oli sekalipun pasti ada teknik khusus yang menjadikannya berbeda. Satu-satunya keadaan yang tidak membutuhkan pengetahuan adalah jika Anda menggunakan mesin. Itupun Anda harus punya pengetahuan untuk perawatan dan perbaikan mesin tersebut. 

 

Bisnis one man show adalah jenis organisasi yang paling mungkin untuk tidak membutuhkan KM. Ketika Anda satu-satunya ahli dibidang tersebut dan tidak berniat mencari penerus ilmu, maka jelas Anda tidak butuh KM. Saya tidak tahu contoh yang sesuai dengan model bisnis ini. Tetapi, jikalau ada, pastilah tidak akan banyak dan tidak akan pernah berkembang. Sehebat apapun individu One Man Show, dia tetap manusia yang hanya mempunyai 24 jam sehari. Jika dia hanya berumur 65 tahun, berapa banyak yang bisa dilakukan?

 

Apa kesimpulan dari tulisan ini?

 

Anda dan bisnis yang dijalani pasti akan terus berubah, tidak mungkin melakukan monopoli selamanya dan pastinya membutuhkan individu yang bekerja dengan pengetahuan. Singkat kata, cepat atau lambat Anda pasti membutuhkan KM. 

 

Fakta ini menimbulkan pertanyaan lanjutan. Kapan Anda akan memulai Knowledge Management?

 


 

Bagaimana pendapat Anda tentang fakta tersebut? Setuju atau ada pendapat lain? Silahkan ungkapkan opini Anda melalui form comment dibawah. Sebarkan juga artikel ini untuk mengetahui pendapat rekan Anda. Happy sharing.