Knowledge Manager

Knowledge Manager

Aliquam erat volutpat. Proin euismod laoreet feugiat. In pharetra nulla ut ipsum sodales non tempus quam condimentum. Duis consequat sollicitudin sapien, sit amet ultricies est elementum ac. Aliquam erat volutpat. Phasellus in mollis augue.

Website URL: http://www.youjoomla.com

Knoco Indonesia kini hadir di Twitter

Saturday, 17 May 2014 21:05

Knoco Indonesia kini hadir di jejaring twitter. Follow kami di @Knoco_Indonesia 

Di @Knoco_indonesia, kami akan menampilkan:

  • Informasi-informasi seputar dunia KM terbaru;
  • Kultwitt mingguan
  • Best practices terkait penerapan KM;
  • Retweet (RT) info KM dari tokoh-tokoh KM dunia; dan
  • hal-hal terkait dunia KM lainnya.


Klik disini dan follow kami.

 

Memulai dengan Assessment: Catatan implementasi dari KM Master

Friday, 25 April 2014 09:53

Setelah mengadakan public training KM Masterclass sebanyak dua kali, tim ITTC-Knoco Indonesia beberapa kali diundang oleh para KM Master (peserta training KM Masterclass) untuk melakukan kunjungan konsultasi (visit consulting). Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan saran serta review terhadap hasil inisiatif-inisiatif KM yang sudah dilakukan oleh para KM Master di perusahaannya.

 

Banyak hal menarik yang bisa didiskusikan dari kunjungan tersebut. KM Master yang menyampaikan hasil inisiatif KM, sebagian besar sudah melakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan implementasi KM, seperti Knowledge Sharing, Community of Practice, pembuatan portal, dan lainnya. 

 

Pada umumnya, kegiatan KM yang dilakukan di perusahaan-perusahaan tempat KM Master bernaung belum terpola secara baik. Bahkan beberapa diantaranya belum memiliki blueprint/roadmap dan value proposition yang jelas tentang bagaimana agar implementasi KM dapat selaras dengan proses bisnis dan membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

 

Terlepas dari beragamnya tingkat kedewasaan (maturity level) dari masing-masing implementasi KM, semua KM Master setuju bahwa perusahaan perlu menilai diri sebelum melaksanakan aktifitas KM lainnya. Tujuannya ialah untuk mengetahui bagaimana kegiatan implementasi atau inisiatif KM yang sudah dilakukan di perusahaan, terutama untuk mengetahui apa yang sudah berjalan dan apa yang belum berjalan.  

 

Saran utama yang diberikan oleh tim ITTC – Knoco Indonesia ialah melakukan KM Assessment sebelum melangkah lebih jauh. Melalui KM Assessment, para KM Master dapat menilai kondisi perusahaan saat ini, sehingga dapat berfokus menguatkan komponen KM yang sudah baik serta melengkapi komponen yang belum ada.

 

Assessment dilakukan terhadap proses penyebaran pengetahuan (knowledge flow) dalam perusahaan dengan cara mengevaluasi 4 komponen utama aliran pengetahuan, yaitu Komunikasi, Dokumentasi, Pengelolaan dokumentasi, serta Akses dan Publikasi. Komponen lainnya ialah aspek Tata kelola (Governance) yang memastikan 4 komponen lainnya berjalan secara sistematis.

 

Data dan insight yang dibutuhkan untuk KM Assessment didapatkan dengan metode interview dan Focus Group Discussion (FGD). Interview dilakukan terhadap top level management terutama untuk mengetahui: apa visi/harapan dengan adanya kegiatan KM (management expectation); hasil seperti apa yang diharapkan, bagaimana cara mengukurnya (performance management); serta dukungan/fasilitas seperti apa yang perlu diberikan agar kegiatan KM berjalan dengan baik (support).

 

Focus Group Discussion (FGD) dilakukan untuk mengetahui sejauh apa pemahaman kesiapan karyawan dalam mengimplementasikan KM. Kegiatan FGD akan lebih efektif dan efisien jika pesertanya berasal dari lintas divisi dan tingkatan, karena hasil yang didapat akan lebih luas dan lebih dalam (wide and deep).

 

Hasil dari proses assessment kemudian diolah dan diberi ranking untuk memudahkan proses analisis lanjutan. KM Assessment juga akan memperlihatkan kesejangan (gap) dari 5 indikator utama antara keadaan yang terjadi saat ini terhadap apa yang seharusnya terjadi. Hasil ini juga dapat memperlihatkan kemungkinan resiko yang akan terjadi jika gap-gap yang ada tersebut tidak segera diminimalisir atau ditutupi.

 

Analisis adalah salah satu tahap penting dalam proses assessment. Hasil berupa gap tersebut kemudian dianalisis lagi untuk menentukan tindak lanjut, intervensi, prioritas dan aktivitas pendukungnya. Analisis juga dapat dilakukan untuk mengevaluasi framework lengkap KM yang sudah berjalan. Seperti kita tahu, salah satu kelemahan dari banyak inisiatif di perusahaan ialah tidak terintegrasi dengan aktifitas lain. Tanpa integrasi, manfaat KM akan sulit dirasakan dan cenderung tumpang tindih dengan aktifitas yang sudah ada.

 

Salah satu bentuk analisis ialah dengan melakukan perbandingan (benchmarking) dengan perusahaan lainnya. Benchmarking menjadi penting untuk melihat sejauh mana posisi perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Untuk analisis ini, KM Master umumnya meminta bantuan ITTC-Knoco Indonesia. Langkah ini dilakukan mengingat kelengkapan database dan best practice implementasi KM dari perusahaan-perusahaan yang menjadi klien Knoco Internasional.

 

Kini, setelah serangkaian kunjungan dan diskusi, para KM Master siap membudayakan KM di perusahaan masing-masing. Semoga passion dan semangat mereka tetap terjaga dalam perjalanan menerapkan KM. Seperti quotes yang menjadi penutup training KM Masterclass, “This is just the beginning. Keeping them is the name of the game”

 

 

 

KM Masterclass batch 3: Create Your KM Initiative, NOW!

Tuesday, 26 August 2014 00:00

KM Masterclass Public Training: Create Your KM Initiative, NOW!

Batch 3
Training 3 Hari, 6-8 Oktober 2014
Sari Pan Pacific Hotel, Jakarta
Pendaftaran:
Ike 08811490930 atau 021 8378 7399 atau via email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Download Brosur Lengkap disini

 

“To be honest, this is much more interesting than I expected. The materials and facilitators are great!” – Nandita Galuh G., CNOOC SES, Ltd. KM Master batch 1

 

“This is a great class. We can easily know from A to Z about KM. With several best practice, cases and some practice. Some solution have been provided also for us, which is it’s a plus-plus.” - Lucci A. R., Holcim Indonesia. KM Master batch 1

 

"Knoco Indonesia menjawab tanda tanya besar saya mengenai KM. Melalui training ini, Knoco Indonesia mempersiapkan landasan kuat bagi passion saya di KM untuk segera take off. This is really "something in it for me" - Cicilia Haryani, Djarum. KM Master batch 2

 

"Training ini sangat baik untuk membantu mencari ide dalam membangun KM karena dilengkapi dengan contoh-contoh penerapan di perusahaan lain serta tools KM secara komprehensif" - Endang Prastiwi, Bank UOB Indonesia. KM Master batch 2  

 

"It's a comprehensive training on KM. If you want to implement or to induce KM in your business, then this class is the right place to go" - Retno Utaira, WWF. KM Master batch 2 

 

Ingin tahu bagaimana kami menjalankan training ini? Lihat ulasannya disini dan videonya disini

 

Manfaat Training

Pada akhir training, peserta akan mampu untuk:

  • Menggunakan KM untuk menyelesaikan isu bisnis perusahaan;
  • Menyusun strategi, implementasi dan pilot project KM;
  • Melakukan identifikasi critical knowledge dan memaksimalkan aplikasinya;
  • Melakukan kampanye dan sosialisasi KM di organisasi;
  • Melakukan knowledge transfer melalui media Community of Practice (CoP).

 

Sebagai tambahan, peserta akan mendapatkan konsultasi GRATIS sebanyak 3 kali kunjungan dari Tim Konsultan ITTC-Knoco Indonesia

 

Agenda Training

Hari ke 1

  • KM: Basic Awareness
  • KM Assessment
  • Delapan Langkah Sukses Implementasi KMTM
  • KM Framework
  • Value Proposition
  • Praktek: Bird Island

 

Hari ke 2

  • KM Blueprint
  • KM Strategy and Pilot Project
  • Knowledge Mapping
  • KM Campaigning
  • Praktek: Penentuan Critical Knowledge Area (CKA)

 

Hari ke 3

  • Community of Practice
  • Learning Before, During, After
  • Social Network Analysis
  • KM Information System
  • KM Metrics and Reward
  • Praktek: Memulai CoP

 

Fasilitator

Sapta Putra Yadi

Sapta memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun di beragam industri, seperti manufaktur, perkayuan, penambangan, dan migas. Ia juga menggeluti berbagai peran bisnis, seperti Production Planning, Production Operation, Contracting, Project Control, Human Resource Management, dan KM. Sebagai HR Corporate Vice President, ia memulai dan terlibat secara langsung dalam mengembangkan end-to-end KM bagi MedcoEnergi, perusahaan migas swasta terbesar Indonesia. Sejak tahun 2010 ia menjalankan bisnisnya sendiri sebagai konsultan HR dan KM dan memberikan jasa pelatihan dan konsultasi HR dan KM bagi beberapa perusahaan migas dan pertambangan.

 

Iqbal Fajar

Iqbal adalah konsultan berpengalaman dengan fokus di KM dan Social Network Analysis. Ia memulai memulai karirnya sebagai Konsultan Bisnis dan telah meningkatkan keahliannya dengan terlibat berbagai project selama karir profesionalnya, seperti Business Process Improvement, Organizational Network Analysis, Knowledge Management, Nurturing Community of Practice, Organization Survey, dan implementasi berbagai sistem ISO. Portofolio kliennya terdiri dari beragam industri seperti perbankan, migas, BUMN dan lainnya.

 

Investasi

Rp. 9.000.000 (belum termasuk PPn)

 

Early Birds                  : 10 % potongan harga untuk registrasi sebelum 19 September 2014

ATAU

Multiple Participants : 10% potongan harga untuk grup dengan dua peserta

                                      15% potongan harga untuk grup dengan tiga peserta atau lebih