Knowledge Manager

Knowledge Manager

Aliquam erat volutpat. Proin euismod laoreet feugiat. In pharetra nulla ut ipsum sodales non tempus quam condimentum. Duis consequat sollicitudin sapien, sit amet ultricies est elementum ac. Aliquam erat volutpat. Phasellus in mollis augue.

Website URL: http://www.youjoomla.com

Public Training KM Learning Culture: A-to-Z Learning Implementation to Boost Productivity

Thursday, 30 June 2016 12:09

KM Learning Culture Public Training:

A-to-Z Learning Implementation to Boost Productivity

Training 2 Hari, 9-10 Agustus 2016
JS Luwansa, Jakarta
Pendaftaran:
Cece 0812 8648 2125 atau via email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Download Brosur Lengkap disini

 

"Knoco Indonesia menjawab tanda tanya besar saya mengenai KM. Melalui training ini, Knoco Indonesia mempersiapkan landasan kuat bagi passion saya di KM untuk segera take off. This is really "something in it for me" - PT. Djarum. 

 

“To be honest, this is much more interesting than I expected. The materials and facilitators are great!” – CNOOC SES, Ltd. 

 

“This is a great class. We can easily know from A to Z about KM. With several best practice, cases and some practice. Some solution have been provided also for us, which is it’s a plus-plus.” - Holcim Indonesia. 

 

"Training ini sangat baik untuk membantu mencari ide dalam membangun KM karena dilengkapi dengan contoh-contoh penerapan di perusahaan lain serta tools KM secara komprehensif" - Bank UOB Indonesia. 

 

Manfaat Training

Program ini membekali peserta dengan keterampilan dan teknik-teknik untuk menjalankan proses-proses KM di perusahaan. Pembekalan dilakukan melalui tutorialrole play dan latihan lembar kerja berbasis form sesuai best practice. Pada akhir training, peserta akan mampu untuk:

  • Menyusun Tata Kelola dan Peran terkait proses KM
  • Melakukan identifikasi critical knowledge dan memaksimalkan aplikasinya;
  • Menggunakan Proses KM berbasis Lesson Learning
  • Melakukan dokumentasi untuk Proses Peer Assist, After Action Review dan Retrospect;
  • Melakukan fasilitasi pelaksanaan Proses KM;
  • Melakukan knowledge transfer melalui media Community of Practice (CoP);
  • Menyusun Perencanaan KM (KM Planning) khususnya terkait penerapan proses-proses KM.

 

Sebagai tambahan, peserta akan mendapatkan konsultasi GRATIS sebanyak 3 kali kunjungan dari Tim Konsultan ITTC-Knoco Indonesia

 

Agenda Training

Hari ke 1

  • Pengetahuan dan Kinerja;
  • Pembelajaran dan Budaya;
  • Tata Kelola dan Proses KM;
  • Teknik Fasilitasi;
  • Proses KM: Community of Practice (CoP) - Tutorial.

 

Hari ke 2

  • Teknik Bertanya (Questioning Skills);
  • Proses KM: Peer Assist (Learning Before) - Tutorial & Roleplay;
  • Proses KM: After Action Review/AAR (Learning During) - Tutorial & Roleplay;
  • Proses KM: Retrospect (Learning After) - Tutorial & Roleplay;
  • Perencanaan KM (KM Planning).

 

Fasilitator

Sapta Putra Yadi

Sapta memiliki pengalaman lebih dari 32 tahun di beragam industri, seperti manufaktur, perkayuan, penambangan, dan migas. Ia juga menggeluti berbagai peran bisnis, seperti Production Planning, Production Operation, Contracting, Project Control, Human Resource Management, dan KM. Sebagai HR Corporate Vice President, ia memulai dan terlibat secara langsung dalam mengembangkan end-to-end KM bagi MedcoEnergi, perusahaan migas swasta terbesar Indonesia. Sejak tahun 2010 ia menjalankan bisnisnya sendiri sebagai konsultan HR dan KM dan memberikan jasa pelatihan dan konsultasi HR dan KM bagi beberapa perusahaan migas dan pertambangan.

 

Iqbal Fajar

Iqbal adalah konsultan berpengalaman dengan fokus di KM dan Social Network Analysis. Ia memulai memulai karirnya sebagai Konsultan Bisnis dan telah meningkatkan keahliannya dengan terlibat berbagai project selama karir profesionalnya, seperti Business Process Improvement, Organizational Network Analysis, Knowledge Management, Nurturing Community of Practice, Organization Survey, dan implementasi berbagai sistem ISO. Portofolio kliennya terdiri dari beragam industri seperti perbankan, migas, BUMN dan lainnya.

 

Investasi

Rp. 6.000.000 (belum termasuk PPn)

 

Early Birds                  : 20 % potongan harga untuk registrasi sebelum 1 Juli 2016

ATAU

Multiple Participants : 5% potongan harga untuk grup dengan dua peserta

                                    10% potongan harga untuk grup dengan tiga peserta atau lebih

 

 

 

Catatan KM Summit Indonesia 2015: Tonggak Sejarah KM di Indonesia

Monday, 21 September 2015 13:57

Selasa, 25 Agustus 2015 adalah titik awal baru dari sejarah KM di Indonesia karena untuk pertama kalinya, dilaksanakan acara komunitas sharing dan best practice KM di Indonesia. KM Summit Indonesia mengangkat tema “Boosting Business Result through Knowledge Management”. Pemilihan tema berawal dari kegelisahan para anggota Knowledge Management Society Indonesia (KMSI) akan hambatan penerapan KM di organisasi, khususnya Indonesia. Salah satu hambatan yang muncul dari diskusi di salah satu acara KMSI tersebut adalah komitmen Top Management, kebijakan organisasi dan tingkat pemahaman tentang KM. Dari diskusi tersebut, muncul ide untuk memastikan hambatan tersebut teratasi dan dapat disebarluaskan ke seluruh praktisi KM di Indonesia. 

 

Berawal dari diskusi, ide dan kerja keras, akhirnya KM Summit Indonesia pertama ini dapat terselenggara. Bekerja sama dengan Knoco Indonesia, SBM-ITB, dan CKB4C, acara ini sukses terlaksana selama 3 hari yang dihadiri oleh 145 peserta dari berbagai kalangan professional, penyelenggara negara dan akademisi. Selama 2 hari, seluruh peserta berbagi pengalaman dan best practice dari organisasi publik dan swasta yang telah sukses menerapkan KM. Pada hari ke 3, peserta mengikuti sesi workshop yang secara khusus membahas implementasi KM secara berkesinambungan.

 

Hari Pertama
Acara secara resmi dibuka oleh Prof. Jann Hidayat, selaku President Director KMSI sekaligus Guru Besar SBM-ITB. Secara khusus, Prof. Jann menyebutkan tantangan-tantangan implementasi KM di Indonesia. Topik ini menjadi menarik karena Indonesia dengan budaya Timur-nya, memiliki tantangan budaya yang berbeda dengan negara-negara Barat lainnya. Salah satunya adalah tantangan dalam leadership.
 
 
 
Sesi selanjutnya adalah Keynote Speaker yang disampaikan oleh Nick Milton dari Knoco Ltd. Dalam presentasinya, Nick menekankan tentang posisi Inovasi dan KM di organisasi. Banyak praktisi yang salah memahami bahwa inovasi harus selalu menciptakan atau menemukan sesuatu. Padahal, inovasi pada hakikatnya ialah menggunakan pengetahuan dan pengalaman untuk meningkatkan kinerja. Atau dengan kata lain, belajar dari pengalaman yang merupakan inti dari KM.
 
 
Trilaksito Sunu dari PT. Pembangkit Jawa Bali (PJB) menjadi pembicara sesi selanjutnya dengan topik “Implementasi KM untuk Mendukung Strategi Bisnis Perusahaan”. Pada presentasinya, pembicara yang juga Direktur SDM dan Administrasi ini, menyampaikan bagaimana KM membantu salah satu tantangan PJB, yaitu pensiunnya para ahli dalam 5 tahun mendatang. Tercatat, 17 % karyawan akan pensiun dan beresiko hilangnya pengetahuan perusahaan. Sebagai solusinya, PT PJB melakukan knowledge retention programdengan mendokumentasikan pengalaman karyawan senior dan meningkatkan peran Community of Practice(CoP).
 
 
Pada sesi ketiga, topik yang diangkat adalah “Implementasi KM untuk Peningkatan Pelayanan Publik”. Kali ini, Nurdin Abdullah, Bupati dari Bantaeng menjadi pembicara utamanya. Hal yang menarik dari paparannya adalah tidak ada kata Knowledge Management yang muncul secara khusus. Akan tetapi, di seluruh presentasi Bupati yang telah menjabat untuk kedua kalinya ini, menunjukkan penerapkan prinsip KM dalam mengelola Kabupatennya. 
 
 
Hari Kedua
Hari kedua dimulai dengan sesi Seminar Panel dengan Topik “Proses dan Teknologi KM untuk Meningkatkan KInerja Organisasi”. Sebagai pembicara adalah Bagus Setiawan dari PT. PLN dan Aurik Gustomo dari SBM-ITB. Secara gamblang, Bagus menyampaikan rangkaian proses KM di PLN dan bagaimana teknologi berbasis ICT memastikan pengetahuan strategis diberikan kepada orang yang strategis dan menghasilkan keputusan strategis. Aurik secara khusus menyampaikan tentang bagaimana KM membantu SBM ITB dan Alumninya.
 
 
Sesi selanjutnya memfokuskan pada Peran People dalam Implementasi KM. Sebagai pembicara adalah Armand Hartono dari BCA dan Lakshmi Tobing dari Unilever. Sebagai Direktur BCA, Armand terlibat secara langsung untuk memastikan KM meningkatkan kompetensi karyawannya. Menurutnya, KM bukanlah strategi bisnis yang berdampak langsung terhadap bisnis, tetapi manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. Senada, Lakshmi juga menyampaikan tantangannya ketika awal mula menerapkan KM di Unilever, hingga akhirnya menjadi salah satu Pemenang MAKE Award Global, Asia dan Indonesia.
 
 
Pembicara sesi panel berikutnya adalah Priyantono Rudito dari Telkomsel dan Faisal Yusra dari Pertamina. Kedua pembicara menyampaikan topik tentang "Peran KM dalam Inovasi Perusahaan". Dalam presentasinya, Priyantono mengupas inovasi di industri telekomunikasi dan bagaimana KM membantu Telkomsel. Adapun Faisal Yusra menekankan pada mekanisme inovasi melalui Continuous Improvement Program (CIP) yang terbukti menghasilkan value creation terukur bagi Pertamina.
 
 
Pembicara selanjutnya adalah Irham Dilmy dari Komisi Aparatur Sipil Negara. Beliau secara khusus menekankan pada bagaimana Aparatur Sipil Negara secara sistematis dapat merubah budaya birokratis menjadi budaya pelayanan. Perubahan tersebut secara jelas terlihat dari upaya-upaya pemerintah melalui Reformasi Birokrasi dan Undang-Undang Aparatur Sipil Negara.
 
 
Kuntoro Mangkusubroto, mantan Ketua Badan Rekonstruksi dan Rehabilitasi Aceh-Nias (BRR Aceh Nias) menjadi pembicara di sesi selanjutnya. Profesor yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi dan Ketua UKP4 (2009-2014) ini membawakan topik Inovasi di Pemerintahan: Studi Kasus Aceh dan Indonesia. Secara khusus beliau berbagi pengalaman dalam mengelola lebih dari 12.000 proyek di Aceh-Nias. Beliau juga membahas sinkronisasi antara kebijakan presiden, kementerian dan realisasinya selama di UKP4. Salah satu kesimpulan yang disampaikan ialah pentingnya KM, bukan untuk pengelolaan satu kementerian, tetapi juga antar kementerian agar mampu meningkatkan daya saing bangsa secara keseluruhan.
 
Hari Ketiga
Pada hari ketiga, Nick Milton, dari Knoco Ltd. membawakan sesi Workshop dengan topik “How to introduce Knowledge Management and make it stick”. Topik pertama yang disampaikan adalah Tahapan Implementasi KM yang dimulai dari Assessment. Sebagai latihan, Nick meminta seluruh peserta melakukan self assessmentterhadap kondisi organisasinya dan melakukan validasi self assessment tersebut dengan tools yang telah disediakan. Topik selanjutnya mendiskusikan tentang bagaimana menghubungkan antara Strategi Bisnis dengan Aktivitas KM. Peserta kembali diminta untuk ikut terlibat dengan mengisi lembar kerja Benefits Mapuntuk mengetahui bagaimana KM dapat membantu pencapaian strategi bisnis. Setelah coffee break, Nick membawakan topik ketiga, yaitu KM Framework. Pada topik ini dijelaskan tentang komponen KM yang harus tersedia dan bagaimana cara menyusunnya. Topik diskusi yang terakhir adalah tentang menanamkan (embedding) inisiatif KM dalam organisasi.
 
 
Piagam KM, Sebuah Komitmen
Pada akhir pelaksanaan, Prof. Jann mengajak seluruh peserta KM Summit untuk berkomitmen secara aktif menerapkan KM di organisasinya dan berbagi (sharing) pengalaman antar praktisi di Indonesia. Selain itu, seluruh peserta juga otomatis menjadi anggota KMSI dan berhak terlibat dalam kegiatan-kegiatan komunitas KM selanjutnya. Sebagai bentuk komitmen, seluruh peserta diminta menuliskan tanda tangannya di Piagam KM Jakarta. Tanda tangan inilah yang kemudian menjadi harapan bagi organisasi dan bangsa Indonesia untuk meningkatkan kinerja dan daya saingnya melalui KM dan para praktisinya.
 

 

 

 

 

Sampai jumpa di KM Summit selanjutnya! 

 

 

KM Asia 2015: Capture knowledge sharing best practice from the biggest names in Asia

Monday, 14 September 2015 15:10

KM ASIA 2015:

Capture knowledge sharing best practice from the biggest names in Asia

Konferensi 2 Hari, 18-19 November 2014
The Royal Pacific Hotel and Tower, Hongkong
Dapatkan harga khusus dengan mendaftar melalui Knoco Indonesia
Pendaftaran:
Cece 0812 8648 2125 atau via email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Download Brosur Lengkap disini

 

“KM Asia is definitely the best conference for me to learn and to share knowledge and experiences with the thought leaders and practitioners from successful knowledge driven organisations in Asia and globally. The program and speakers this year are simply world class and I am looking forward to participating again. ” – Ron Young, KM Asia 2014 Speaker

 

 

KM Asia, event KM paling bergengsi di Asia Pasifik, kembali hadir. Event ini diadakan secara konsisten setiap tahun untuk membagikan pengalaman dan best practices dari praktisi KM di seluruh dunia. Kini, di tahun ke 15-nya, KM Asia hadir membantu organisasi di seluruh Asia meningkatkan efektivitas dan efisiensi implementasi KM dengan men-capture best practice KM dari perusahaan terbaik di Asia.

 

Event ini akan berlangsung selama 2 hari dengan topik hari pertama berfokus pada Strategi dan Budaya Organisasi. Pada hari kedua, peserta akan mendapatkan insight lebih dalam tentang People, Proses, & Technology. Keseluruhan topik tersebut akan disampaikan oleh expert lokal dan global seperti David Gurteen (Gurteen Knowledge Community), Ron Young (Knowledge Associates), Ana Hoffman (Microsoft), Simon Cheng (Ernest & Young), Eric Chan (Hutchinson Global Communication) dan pembicara lainnya.

 

Untuk memastikan peserta terlibat dan mendapatkan manfaat lebih, KM Asia memastikan seluruh pembicara melibatkan Anda dalam rangkaian acara diantaranya dengan menyediakan fasilitas diskusi secara anonymous dan teknologi live pool. TIdak hanya itu, setiap topik utama akan diikuti dengan case studies pada perusahaan yang sudah terbukti berhasil dan mendapatkan manfaat dari KM. Sesi Focus Group Discussion juga akan memastikan peserta untuk meningkatkan pemahamannya sekaligus mengembangkan jaringan professional KM. 

 

Topik-topik utama di KM Asia 2015 akan meliputi:

  • Establishing and Embedding The Strategic Vision
  • Culture Transformation
  • Conversational Leadership
  • Global Strategy Innovation and Growth
  • Taking Advantage of Technology
  • People Challenges
  • Gamification
  • Adapting to change 

 

Beberapa organisasi yang akan hadir di KM Asia 2015, diantaranya:

 

AIC  –  Arup  –  BASF  –  Bradford & Barthel  –  Cognitive Edge  –  Deloitte  –  EY  –  Gurteen Knowledge  –  InKnowin Consulting  – Knowledge Associates  –  International Limited  –  McKinsey & Co  –  NASA  –  Singapore Armed Forces  –  Tata Projects  –  Wipro Limited  –  World Bank Group  –  Zul Rafique & Partners - dan organisasi lainnya!

 

Info lebih jelas tentang KM Asia 2015 dapat dilihat disini  

 

Investasi

Dapatkan harga khusus jika mendaftar melalui Knoco Indonesia!

 

  • HK$10,364 (£850) per peserta
  • HK$9,721.50 (£797.25) per peserta untuk peserta grup 3-5 orang
  • HK$9,073 (£744.10) per peserta untuk peserta grup 6-8 orang 

 

Investasi termasuk konferensi 2 hari (18-19 November) 

 

Pendaftaran:

Cece 0812 8648 2125 atau via email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.